Tahapan Proses Desain dan Pembayaran Jasa Arsitek


Ingin tahu tahapan proses desain dan pembayaran dari jasa arsitek dalam merencanakan dan mendesain suatu rumah atau property? Dalam artikel ini saya akan menjelaskannya, yuk kita simak.
  • Setelah melakukan proses konsultasi dan survey lokasi, maka arsitek akan membuat dan menyerahkan atau mengirimkan konsep desain awal yang berupa gambar denah ruang, yang mencerminkan kebutuhan ruangan serta tata ruang.
  • Jika client sudah menyetujui denah yang jasa arsitek rumah murah ajukan (termasuk dengan revisinya), maka luasan bangunan akan dihitung sebagai dasar untuk perhitungan biaya desain dalam penawaran seorang arsitek.
  • Setelah menerima penawaran dari arsitek, jika setuju untuk melajutkan pada proses berikutnya, maka client membayar DP sebesar 30% biaya desain.
  • Proses selanjutnya, arsitek akan membuat dan menyerahkan atau mengirimkan gambar model 3D (dengan software sketchup) dalam 2 atau 3 alternatif.
  • Setelah memilih dan juga menyetujui salah satu alternatif tersebut, maka pelanggan melakukan kedua sebesar 40% biaya desain.
  • Jika menerima pembayaran tersebut, arsitek akan melanjutkan pada proses pembuatan gambar kerja.
  • Setelah selesai pembuatan gambar kerja, arsitek akan menyerahkan atau mengirimkan gambar tersebut, dan client melakukan pembayaran ketiga sebesar 20% biaya desain.
  • Berikutnya arsitek akan menyerahkan atau mengirimkan RAB dan RKS, dan clien melakukan pelunasan pembayaran sebesar 10% biaya desain.

Itulah tahapan proses pembayaran dari jasa arsitektur, semoga bisa bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Vertical Blinds Dengan Warna Yang Menarik

Seberapa Pentingkah Menyewa Jasa SEO?

DAPATKAN PENCEGAHAN KETOMBE SECARA ALAMI DENGAN 2 BAHAN!